PENGECEKAN PERSONEL KODIM 1423/SOPPENG YANG MENGGUNAKAN/MEMAKAI TATO

Soppeng, Rabu (29/03/2016) di Aula Kantor Makodim 1423/Soppeng dilaksanakan pengecekan personel Kodim 1423/Soppeng yang menggunakan/memakai tato dibagian tubuhnya, pengecekan ini dipimpin langsung oleh Kasdim 1423/Soppeng Mayor Inf Syahri, S.Pd bersama Provost Kodim 1423/Soppeng.tato 2

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah ada salah satu oknum anggota yang menggunakan tato dibagian tubuhnya namun selama pemeriksaan dan pengecekan tidak ditemukan adanya anggota yang menggunakan tato dibagian tubuhnya. Walaupun tidak ditemukan adanya anggota yang menggunakan tato Kasdim 1423/Soppeng tetap menekankan kepada anggota Kodim 1423/Soppeng larangan agar tidak menggunakan tato karena tato sendiri memiliki efek negatif yaitu :

  1. Alergi. Penggunaan pewarna pada saat menato bisa menyebabkan reaksi berupa alergi pada kulit. Biasanya akan ada rasa gatal pada bagian yang ditato. Jangan di kira ini hanya berlangsung sesaat, tapi hal ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun.
  2. Infeksi. Penggunaan peralatan Tatto yang kurang bersih bisa menimbulkan infeksi pada kulit tandanya seperti kulit memerah, bengkak, sakit dan bernanah.
  3. Benjolan Pada Kulit.      Benjolan yang berada di sekitar area tato disebut dengan granulomas, tak hanya itu saja ternyata Tato juga mendorong pertumbuhan keloid atau jaringan kulit tambahan yang tumbuh dibekas luka.
  4. Penyakit yang dibawa dari darah. Jika peralatan kurang steril juga bisa menyebabkan tertular penyakit yang dibawa dari darah, contohnya HIV, tetanus dan lain-lain.
  5. Komplikasi MRI. Tato bisa menimbulkan bengkak atau kulit terbakar saat orang yang ditato menjalani pemeriksaan MRI. Pemeriksaan MRI ini menggunakan medan magnetik kuat dengan teknologi terkomputerisasi untuk menghasilkan gambaran detail dari organ dan jaringan lunak dalam tubuh lainnya.

Karena dari dampak negatif tersebut menjadikan salah satu alasan bagi TNI khususnya Personel Kodim 1423/Soppeng sehingga untuk melarang penggunaan tato di lingkungan TNI. Apalagi TNI khususnya personel Kodim 1423/Soppeng harusnya menjadi contoh buat masyarakat khususnya yang ada di Kab. Soppeng dengan tidak  menggunakan tato.

Check Also

Anggota Koramil 1423-03/Lilirilau melaksanakan Karya Bhakti Pembersihan Saluran Irigasi

Anggota Koramil 1423-03/Lilirilau bersama Appem Desa Kebo dan masyarakat melaksanakan Karya Bhakti Pembersihan saluran irigasi …

.